Thursday, May 20, 2010

Touring Susur Pantai 2 Pesisir Jawa Barat Selatan

Catatan TOURING SUSUR PANTAI 2 Iwan Black Vixy '08 Bagian 1
Ciledug-Puncak-Cianjur Selatan-Garut-Tasik-Pangandaran-Gn Galunggung-Singaparna-Cijapati-Bandung-Puncak-Ciledug 966 KM. Touring Susur Pantai 2 kali ini mengambil waktu yang cukup panjang yaitu 4 hari, untuk jaga-jaga space hari diperjalanan, dan agar kita dapat menikmati perjalanannya, sesuai dengan moto ane "Touring is Journey Not Destination" dimana Tujuan itu adalah Bonus untuk Ane setelah Menikmati perjalanan selama Touring. Mari kita simak bersama, semoga bisa jadi referensi teman-teman bikers yang ingin menjelajah sisi pantai selatan jawa barat. Selamat menikmati.

Hallo Bro.. Ane harap kabar baik untuk kita semua... Jumpa lagi dengan ane dalam catatan Touring Ane bersama My Black Vixy '08 dan BM2C pastinya. Seperti teman-teman ketahui BM2C mengadakan Touring Susur Pantai 2 dari Tgl 13-16 mei 2010, kali ini mengambil rute favorit petualang. yaitu Ciledug-Parung-Puncak-Cianjur Selatan-sisi pantai-Garut-Tasik-Pangandaran-Tasik Gn Galunggung-Singaparna-Garut kota-Cijapati-Bandung-Cianjur kota-Puncak-Ciledug total perjalanan di kilometer My Black Vixy '08 adalah 966 KM.

Menjelang keberangkatan pastinya ane mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari service My Black Vixy '08 sampai ke APD (Alat Pelindung Diri) yang wajib bikers kenakan. Ane kebetulan memiliki AXO pelindung Lutut dan Sikut, hal ini diikuti oleh anggota Touring yg lain seperti Bro Roni & Bro Fredy, adapun Bro Dede & Bro Uchup menggunakan Pelindung dari FOX, apapun merknya sama2 fungsinya melindungi lutut dan sikut kita.

Tim Touring BM2C kali ini beranggotakan 5 Motor dan 6 personil, Ane dengan My Black Vixy '08, Bro Dede dengan Blue Vixy-nya, Bro Fredy dengan Scorpio merah-nya, Bro Roni dengan Blue Vario-nya, dan Bro Bruri dengan Vega R-nya sedangkan Bro Uchup bertugas sebagai Boncenger yang siap siaga menggantikan Tim yg kelelahan. Tepat pada pukul 00.00 Kamis 13 Mei 2010 Kami Start dari BaseCamp (Inpres 19). Menyusuri pagi buta menurut ane lebih mengasyikkan karena terbebas dari kemacetan. Kami menjemput Bro Bruri yang sudah menanti di dekat Stadion Lebak Bulus.

Baru sampai Parung Tim BM2C bertemu dengan Kelompok Touring kecil yang tidak lain Rombongan adek Ipar ane sendiri yaitu Bro Aar dengan jaket birunya bersama teman2nya. Kami sempat berbicara sesaat menanyakan tujuan masing-masing, Bro Aar bersama teman2nya Touring TekTok ke Puncak, Bro Roni meminta kami untuk berhenti mengisi BBM vario-nya. 3 Kali kami bersinggungan dengan Rombongan Bro Aar. Yang Akhirnya Tim Touring Susur Pantai 2 BM2C mendahului untuk menuju Bogor dan Puncak. Tim Touring BM2C menyusuri terus jalan-jalan yang sangat nikmat di puncak. Kami sangat terbantu dengan Rompi menyala hasil inovasi dari Bro Roni. Kerlap-Kerlip Lampu di Rompinya sangat jelas terlihat indah dan sempat menjadi perhatian Rombongan Touring lain ketika kami menyalip mereka (ada yg nunjuk sambil bilang.. "wahh rompinya bagus tuh") bisa nih jadi pioneer kita bro Roni.

Tak Terasa Puncak pun kami lahap dengan begitu saja, saat Kami berhenti diBunderan Cianjur jam menunjukkan pukul 02.30 (berarti 2,5 jam saja kami dari ciledug sampai bunderan padahal kami tidak ngebut). Kami berhenti diBunderan untuk melihat GPS dan menanyakan Real Rute ke Kedai Kopi yang isinya sopir dan kernet bus karunia bakti. Ane pun bergegas menanyakan Rute yang enak untuk menuju ke SindangBarang (Cianjur Selatan). Sambil menunggu Bro Bruri menghabiskan sebatang Rokoknya, ane berdiskusi sebentar dengan Tim Touring, setelah itu perjalanan dilanjutkan melalui Terminal Pasir Hayam Cianjur (Pertigaan Kanan Sukabumi dan ke kiri terminal Pasir Hayam Cianjur). Kondisi jalan masih bagus dan besar. My Black Vixy '08 terus dipacu sampai akhirnya kami memasuki pegunungan Cibeber lalu ke Desa Suka Maju, sempat terjadi Sliding-sliding Tim Touring termasuk My Black Vixy '08, Alhamdulillah masih bisa dikendalikan dengan baik. Sempat berhenti dan kami perhatikan memang jalanan berpasir (hati2 bro kalo lalui jalan ini), tidak lama berhenti sesaat tadi kami memutuskan untuk beristirahat di Kedai Kopi yang dijaga oleh Sepasang Suami-Istri setengah baya.

Jam menunjukkan pukul 03.45 WIB dan perut sudah minta diisi yang hangat-hangat, ane bersama Tim Touring memesan semangkuk mie instant dan susu panas atau kopi panas, tak terasa Mie Instant pun habis kami lahap karena memang udaranya dingin sehingga menu yang kami pesan cepat dingin. Sambil mengobrol-ngobrol dengan pemilik Kedai Kopi tersebut tak henti-hentinya dia memperhatikan APD yang kami gunakan dan sesekali memegangnya dan berkata.. "wah enak nih pake ini yah" Ane pun menjawab "iya pak, agar safety selama perjalanan". Kami pun larut dalam pembicaraan tanya jawab sampai akhirnya kami tahu Lokasi kami ini sudah 144 KM dari Ciledug dan nama Lokasi tersebut yaitu desa Suka Maju jaya Kecamatan Sukanegara Cianjur. Adzan subuh terdengar dari mesjid disebrang jalan, kami pun bergegas Shalat subuh berjama'ah bergabung dengan warga sekitar dan bedo'a memohon perlindungan dari Allah SWT.

Setelah selesai shalat subuh, diiringi dengan gerimis dipagi hari itu kami berangkat menuju ke tempat selanjutnya. Pagi pun mulai menampakkan dirinya namunu seolah-olah mentari enggan muncul, kami diselimuti kabut yg tebal dengan kondisi jalan berlubang-lubang dan sempit. Ane sempat melabrak Lubang tersebut karena kacamata yang digunakan tertutup embun kabut. Kami pun berhenti sebentar untuk membersihkan kacamata dan kaca helm serta membuka balaclava. Baru berjalan sekitar 15 sampai 20 menit kami disuguhkan pemandangan yang luar biasa indahnya. Kami melihat sebagian desa Cianjur dibawah sana yang masih diselimuti kabut membuat eksotis alam ini, subhanallah... allahuakbar kata-kata itu meluncur dari mulut ane ketika menyaksikan lukisan alam indah ciptaan Allah SWT. Kami pun bergegas untuk melakukan sesi pengambilan dokumentasi Foto-foto dan syuting Video.

Puas mengambil dokumentasi kami lanjutkan perjalanan melalui pegunungan yang kondisi jalan masih rata-rata berluband disana-sini dan sempit, dan akhirnya memaksa bro Roni melepas Vario-nya mencium lubang, alhamdulillah Bro Roni tidak cedera sedikitpun. Setelah kami pastikan semua baik-baik saja kami bergegas kembali memacu Kendaraan kami berjibaku dengan jalan berlubang nan sempit dan elf serta Truck sedang yang melintas. Lagi-lagi kami disuguhkan pemandangan indah Cianjur, kami berhenti sejenak tepat di sisi Air terjun pinggir jalan raya dan mengambil dokumentasi.

Setelah Riding selama 1,5 jam kami tiba di Sindang Barang. Blue Vario Bro Roni diisi bensin eceran karena memang selepas pertigaan Cianjur-Sukabumi kami tidak menemui SPBU satu pun. Tapi ketika ane lihat jarum BBM My Black Vixy '08 masih full, hanya terpakai 2 literan kurang lebih. Jam menunjukkan pukul 9.00 WIB kami memutuskan istirahat sekalian sarapan di RM Sederhana di tepi Pantai Cidaun. Setelah lahap sarapan dan beristirahat kami lanjutkan ke tempat selanjutnya yaitu Pantai Cijayanti karena menurut penjual BBM eceran disana pemandangannya indah.

Diiringi hujan rintik-rintik kami memacu motor menuju Pantai Cijayanti. Ditengah perjalanan langkah kami terhenti melihat jembatan yang lebar dan lumayan panjang dimana berada sungai dibawahnya, Ane takjub meilhat pemandangan dibawah ada yang menjaring ikan kecil-kecil dan ada yang memasukkan motor ke dalam sungai untuk dicuci, airnya memang sangat bersih.. "andaikan jakarta seperti ini..." bgitu gumamku. Kami lanjutkan perjalanan ke Pantai Cijayanti. memang ada gerbangnya Selamat Datang di Pantai Cijayanti, namun untuk masuk ke dalam tempat tersebut kami belum ditarik bayaran, mungkin karena masih terlalu pagi kami tiba yaitu 9.30 WIB. Ini pertama kali kami menginjakkan kaki di pasir pantai selatan jawa barat. Pasirnya hitam namun bersih dan terdapat batu karang-batu karang diantaranya, kami langsung mengambil dokumentasi, dari tempat ini terlihat dikejauhan Pantai RancaBuaya.

Puas bermain air dan pasir dipantai Cijayanti kami melanjutkan perjalanan menuju Pantai RancaBuaya. Disini kami dipungut retribusi yang akhirnya kami negosiasikan 20.000 untuk semua Tim Touring, kami segera mencari Spot Gazebo yang enak untuk istirahat dan pemandangannya yang indah. Sesampainya kami di gazebo langsung memarkir rapih kendaraan, lalu merebahkan diri di balai gazebo dan memesan kelapa bulat dengan harga 3.500/kelapa, namun sayang kelapanya sudah tua. Beberapa personil terlihat menikmati ademnya pepohonan disekitar Gazebo dan Semilir angin pantai yang memang memanjakkan diri ini. Beberapa Personil langsung terlelap dalam tidurnya, sementara ane memutuskan untuk buang hajat dan mandi. selesai mandi badan segar kembali dan langsung menunaikan ibadah shalat Dzuhur. selang beberapa menit ngobrol adzan ashar masuk dan kami pun shalat ashar berjamaah di Gazebo. Oh iya lupa bro and sist, di Gazebo itu tertera tarif Rp. 5.000/jam yang menurut pemilik warung, Gazebo itu dikelola oleh Kepala Desa disana. Lalu ane mengambil N70 dan ber-FB ria walaupun sinyal yang didapat kurang kuat, tapi tetap bisa updates status.

Setelah puas menikmati Pantai RancaBuaya yang eksotis kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Santolo-Pameungpeuk Garut. Selama perjalanan lagi-lagi kami disuguhkan pemandangan yang indah dan sempat berhenti untuk dokumentasi foto dan video, "... Subhanallah... ga kalah nih sama Bali" seru Bro Fredy yang diamini oleh seluruh Tim Touring. Berulangkali ane hanya bisa berucap Subhanallah dan bersyukur diberi kesempatan ke tempat yang eksotis ini. Memang indah alam ciptaan Allah SWT ini.

Sekitar pukul 17.30 kami tiba di Pantai Santolo. Penerangan sudah temaram karena sore memasuki malam, setelah lihat-lihat sekitar dan kami rasa cukup kami berpindah spot ke depan halaman LAPAN tempat peluncuran Roket-roket para peneliti Indonesia, Sambil beristirahat dipapan bertuliskan LAPAN terdengar suara adzan maghrib, dan selesai mengambil dokumentasi, kami nge-gas lagi mencari mesjid atau SPBU terdekat. Di SPBU kami shalat maghrib sambil menunggu waktu isya' masuk kami menikmati makan malam dengan menu ayam dan ikan goreng, sambel, lalap-lalapan hijau, serta sayur jamur campur wortel.. (Kami sadar bahwa Bikers sangat perlu asupan Protein untuk menjaga kebugaran selama Touring). Selesai makan kami mencari Info dari para petugas SPBU termasuk kepada Satuan Tugas Pengamanan SPBU, yang akhirnya kami dapat info yang sangat berguna. Mereka memberitahukan kami bahwa sebentar lagi kami akan memasuki kawasan Hutan Karet yang bernama Lawang Sancang, dimana masih terdapat binatang-binatang buas seperti Harimau dan Babi Hutan alias Bagong serta mistis dan magicnya yang masih kental. Kami diperingatkan apabila bertemu binatang-binatang tadi atau yang lain-lain, jangan menyorotkan lampu tetapi bunyikan klakson sekencang-kencangnya saja.

Tepat pukul 20.00 kami meninggalkan SPBU yang memang tutup pukul 20.00 itu menuju Cipatujah Tasik melalui Kawasan Hutan Karet Lawang Sancang. Bro Roni ane posisikan didepan dan ane di posisi kedua disusul bro Bruri, Bro Dede dan Bro fredy bersama tandemnya Bro Uchup. Kami pun memasuki kawasan tersebut dan menurut pengakuan Tim Touring yang lain merasa dag dig dug melalui kawasan tersebut. Memang sempat terlintas dipikiran ane "...kok panjang banget yah kawasan hutan ini..." beberapa kali kami melewati jembatan dan beberapa desa kami lalui, ditengah Hutan kami bertemu Tim Pemburu Bagong yang menurut pangakuan Bro Fredy sudah dapat Buruannya. Beberapa kali ane membunyikan klakson memecah keheningan malam. Sampai akhirnya kami tiba dipertigaan Cipatujah. Oleh Bro Roni kami diarahkan ke dalam Cipatujah namun karena gelap malam kami tidak dapat memantau Pantai Cipatujah yang sudah sepi dari pengunjung maupun Kedai-kedai kopi yang sudah tutup. Oleh Bro Roni kami diarahkan ke Pantai SindangKerta, tiba pukul 22.30 di Pantai SindangKerta Tim Touring berusaha menghangatkan tubuh dengan segelas kopi dan cemilan seadanya di kedai kopi yang masih buka diantara rimbunnya pepohonan. Setelah hangat terasa tubuh kami, Kami menuju Mesjid AlFalah yang berada tepat sebelum masuk Pantai SindangKerta untuk bermalam. Terdengar sayup-sayup dari tempat kami bermalam suara riuh orang-orang yang sedang melakukan kegiatan, lalu lalang warga yang masuk ke mesjid pun membuat kami harus waspada. Kami putuskan untuk menggunakan sistem Ronda dengan 2 Shift (1 shift diberi jatah 2,5 jam untuk tidur) ane kebagian jaga pertama bersama Bro Dede, sambil ngobrol-ngobrol mengingat masa-masa SMU dan Berbincang-bincang tentang BM2C kedepannya. Setelah jam Shift kedua masuk, ane dan Bro Dede pun Tidur beristirahat.. lumayan sebelum subuh tiba..

Bersambung...

fredy said...

great touring bro...

iwan_black vixy '08 said...

@Fredy : yes brother... see you at BM2C next Touring bro...

Bro Broery said...

Sepanjang sejarah BM2C Baru kali Ini Touring Terpanjang mengingat jarak yang di tempuh hampir 1000 Km tepatnya 966 Km,luuuaaaar Biiasaa.
Very Good Bro Iwan & Thanxs for you all.

Salam,
The Bikers TV-One

iwan black vixy '08 said...

Yes Bro Bruri... Tetap Eksis terus.. semoga kita bisa menjelajahi pulau sumatra juga bro... Thanks 4 You're attention and you're respect my bro... See you on BM2C Next Touring... Bravo Bikers...

regard,

~NO-TRUST~ said...

Well, gak ada kata - kata yg tepat yg bisa gw bilang buat perjalanan touring dengan jarak tempuh hampir mencapai 0000 Km. Speechless dan berdecak kagum melihat seluruh keindahan alam dari pantai, sungai, hutan, sampai pegunungan. Guys, Let's do it again.

Danke.

Warmest Regards From Paradise,

~NO-TRUST~

iwan black vixy '08 said...

@Bro Dede : yoi bro... mantabbbss pisaaann.... siapkan segala sesuatunya lagi.. kita berangkat Tgl 10-11 Juli ke Papandayan sama Ciwidey... Berangkat... Touring again...

regard,

Black Tiger said...

pemandangannya memang mantab bro. Ane ga merasa lelah selama touring kemarin. ane tunggu next touring

iwan black vixy '08 said...

@Black Tiger (Uchup) : iye keliatan di diri nt.. semangat terusss.... see you next trip with us...

black vixy '08

novee said...

keren sangad, bro..! tampaknya seru jg nih touring kaya gini

btw boleh tau ga, itu pict header blog-nya, yg sebelah kiri itu (foto rame2), lokasi dimana ya?

Cimangke Desa Cigadog said...

Wuiiih Mantaaaap Kank

Zaenal said...

mantap, salam kenal bro

Unknown said...

Life/touring is a journey..nota destination....nice motto.. bravo